Friday, April 29, 2011

Pocari Sweat: Sebuah Inovasi dan Kesegaran Minuman Kesehatan

Pocari Sweat
Tahukah Anda, setelah beraktivitas banyak elektrolit dan ion tubuh yang keluar melalui keringat? Minum air pun tidaklah cukup untuk membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang. Pocari Sweat, sebuah minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan sekaligus elektrolit yang diperlukan oleh tubuh. Tercetus dari sebuah gagasan tentang cairan infus yang dapat diminum oleh salah seorang staf di Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd; dan inspirasi dari seorang Akihiko Otsuka bahwa ia suatu saat akan menciptakan sebuah produk yang belum pernah ada dan menjadi pilar perusahaan. Hingga beberapa tahun kemudian ketika menjadi Presiden Direktur, beliau ingin mengembangkan minuman kesehatan yang komposisinya sama dengan keringat sehingga dapat menambah elektrolit dalam tubuh.
Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Ketika berkeringat, tubuh mengeluarkan cairan dan elektrolit-elektrolit seperti ion Natrium, ion Kalium, dan ion Magnesium sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Kadar garam (ion Natrium) yang keluar saat seseorang berada atau melakukan sebuah aktivitas yang berat seperti olahraga atau sauna lebih banyak daripada seseorang yang berjalan-jalan atau beraktivitas ringan.
Perbandingan nilai konsentransi kadar garam dalam keringat
Rasa keringat yang asin dan kadang pahit disebabkan oleh kandungan elektrolit di dalamnya.
Komposisi keringat
Rasa asin dari ion Natrium. Rasa pahit dari ion Kalium, Magnesium. Kemudian, ketika seseorang mengalami diare, tubuhnya mengeluarkan banyak cairan (faeses) yang apabila tidak segera digantikan dengan cairan dan elektrolit maka tubuh akan semakin lemah akibat dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang pusing, lemas, seperti orang linglung hingga hilangnya kesadaran jika dehidrasi parah. Di beberapa kasus, demam tinggi dan sakit seperti malaria atau demam berdarah seringkali mengakibatkan dehidrasi akut.

Dalam perkembangannya, dilakukan penelitian berulang-ulang bahkan mengalami pasang surut dan maju mundur terhadap minuman ini. Mulai dari menentukan rasa yang semula pahit, kemudian ide untuk menambah pemanis hingga menemukan komposisi dan rasa yang pas. Dengan kandungan kalori rendah (26 kkal/100ml) – lebih rendah dari pada minuman lainnya termasuk jus, Pocari Sweat tidak menyebabkan kegemukan.
Minuman dengan kadar gula rendah, ketika diminum saat berkeringat akan terasa lebih segar daripada kadar gula yang tinggi.
Pada awalnya diragukan oleh para Direksi karena skeptis tidak akan laku di pasar dan rasa yang tidak enak menurut mereka. Namun, Akihiko mempunyai keyakinan lain. Minuman ini tetap diproduksi.
Dari seribu langkah, terdapat langkah pertama. Pada April 1980, Pocari Sweat mulai dikenalkan pada konsumen. Filosofi nama Pocari yang mempunyai kesan menyegarkan, dan Sweat yang berarti keringat dalam bahasa Inggris. Reaksi awal konsumen sama dengan para Direksi perusahaan dan cenderung kurang baik. Hal ini lebih karena pada tahun tersebut, masyarakat belum terbiasa untuk minum cairan elektrolit dan belum ada satu pun produk sejenis.
Menanggapi sentimen pasar yang demikian, Mr. Akihiko mengeluarkan terobosan dan ide mengenai pengenalan produk. Membagikan Pocari Sweat secara gratis dan tak terbatas. Keunggulan Pocari Sweat tidak bisa dirasakan kalau tidak diminum berulang-ulang. Kemudian mencoba membuat pasar baru yang belum pernah ada dan tidak berorientasi pada angka penjualan. Namun, yang utama adalah pengenalan konsep produk daripada menjual produk. Pada akhirnya, konsumen akan mengerti keunggulan produk dan berdampak pada penjualan yang meningkat. Paradigma Mr. Akihiko rupanya telah jauh ke depan.
“Ini bukanlah keuntungan sekarang tetapi masa depan. Kalau sekarang menebarkan benih, akan berbuah banyak di kemudian hari.”
Pembagian Pocari Sweat kepada anak-anak sekolah
Keputusan yang awalnya seperti ambil risiko dan  membuat perusahaan rugi, pada tahun kedua penjualan Pocari Sweat meningkat drastis hampir tiga kali lipat dari tahun pertama. Kini, Pocari Sweat telah diproduksi dan dipasarkan di 16 negara termasuk Indonesia (diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka).
Angka penjualan Pocari Sweat tahun pertama dan kedua
Dengan program promosi dan marketing yang terencana dengan baik dan mencakup sosialisasi lewat event-event dan kegiatan masyarakat (contoh: puasa Ramadhan, olahraga) serta di dunia maya melalui media sosial Facebook Pocari ID dan Twitter @PocariID, penjualan di Indonesia mencapai 500 juta kaleng (data per tahun fiskal 2009). Sebuah pencapaian yang luar biasa dari sebuah inovasi minuman kesehatan.
Jumlah penjualan Pocari Sweat di Indonesia
Beberapa program dari Pocari Sweat Indonesia yang telah dilaksanakan:
Ionorace - Ionopolis at Plasa Semanggi Jakarta, 2010
sebuah live game dengan berbagai permainan seru sebagai bagian dari program game online Ionopolis
Para pemenang game Ionopolis yang mendapat hadiah liburan ke Jepang.
Press Conference Pocari Sweat Futsal Championship (PSFC) 2011
Coaching Clinic dan Technical Meeting PSFC 2011
***
Inovasi dan ide besar biasanya timbul karena semangat ingin maju dan sifat kreatif dari seseorang untuk menciptakan atau menemukan suatu hal baru yang lebih baik dan belum pernah ada. Perlu keteguhan hati dan kemampuan diri sendiri  serta pandai untuk melihat peluang sekecil apapun mendorong terealisasikan ide-ide tersebut. Sukses tidak terjadi dalam sekejap, seringkali butuh sebuah usaha lebih, pengorbanan, kerendahan hati dan terbuka untuk hal dan pendapat yang baru dan berbeda. Sukses adalah sebuah proses dan rentang panjang usaha yang tekun dalam pencapaian sesuatu dan cita-cita. Sukses tidak selalu berhubungan dengan hasil berlipat ganda. Namun, bisa sebuah impact positif terhadap orang lain.
Semua berawal dari sebuah mimpi yang terkadang kita  tidak terpikir untuk melakukannya. Mulailah berpikir kreatif dan inovatif dengan tetap memegang prinsip. Sukses bukan bergantung dari apa yang dipikirkan oleh orang lain. Sukses itu ada dalam diri kita sendiri.


Video History of Pocari Sweat
"Seorang yang sukses terbiasa untuk melangkah satu langkah di depan dari usaha rata-rata seseorang yang lain."


GO ION!!

=====================
Edutria, 2011. Blog Competition.
Photos courtesy by:

No comments:

Post a Comment